Gejala Yang Muncul Saat Tubuh Overdosis Kafein

Kopi merupakan minuman yang telah menjadi favorit banyak orang. Sebagian orang seringkali merasa lebih baik setelah minum kopi, sehingga hal tersebut dapat menjadi kebiasaan sehari-hari, tetapi overdosis dari kopi dapat membahayakan kesehatan. Untuk Itu kenali Gejala Yang Muncul Saat Tubuh Overdosis Kafein

gejala-yang-muncul-saat-tubuh-overdosis-kafein

Gejala Yang Muncul Saat Tubuh Overdosis Kafein | Kopi dikenal sebagai minuman yang mengandung banyak kafein. Banyak alasan orang untuk meminum kopi. Selain untuk membuat mata tidak mengantuk, kebiasaan minum kopi juga dipengaruhi oleh gaya hidup manusia baik yang ada di pedesaan maupun kota.

Kopi adalah minuman simbol pergaulan, kandungan kafein yang terkandung dalam kopi bisa jadi membuat orang berasumsi bahwa minuman inilah yang membuat mereka terus terjaga. Padahal kafein yang terkandung didalamnya akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Batasan normal kafein yang bisa diterima oleh tubuh orang dewasa yang sehat hanya 400 miligram sehari, sementara remaja 100 miligram. Kafein bukan hanya terdapat dalam kopi, zat ini juga ditemukan pada teh hitam, minuman bersoda, coklat dan lainnya. Jika dalam sehari anda mengkonsumsi kafein diatas batas normal yang dianjurkan, anda akan mengalami overdosis kafein yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

  • Sulit tidur

Kafein butuh waktu sekitar 45 menit-1 jam setelah dikonsumsi untuk diserap tubuh. Setelah diserap, ia akan menetap dan memengaruhi tubuh sekitar beberapa jam, dan ini bisa merusak siklus tidur Anda. Selain kopi, minuman lain yang mengandung kafein dan mencuri tidur adalah teh hijau atau teh Chai. Perlu diingat, kopi decaf bukan berarti tanpa kafein sama sekali, melainkan dikurangi sepertiga. Jadi, masih mengandung kafein.

  • Air seni berubah warna

Jika air seni Anda berwarna kuning gelap menuju jingga, ini adalah pertanda tubuh sedang mengalami dehidrasi. Kopi memiliki sifat diuretik yang bisa mengakibatkan dehidrasi dengan meningkatkan jumlah air seni yang dibuang. Umumnya kafein tidak memicu dehidrasi hingga Anda mengkonsumsi sekitar 500 mg, jadi, amannya, cukup konsumsi 1-2 cangkir kopi per hari saja.

  • Merasa gugup tanpa alasan

Telapak tangan berkeringat, jantung berdegup, tidak bisa diam, merasa bersemangat berlebihan, adalah tanda-tanda kelebihan kafein. Kafein bisa memperparah stres dan depresi, karena kafein memengaruhi zat neurotransmitter di dalam otak yang bernama adenosine.

  • Kelelahan di siang hari

Jika Anda tidak bisa melewati hari tanpa minum kopi setiap waktu adalah salah satu tanda Anda ketergantungan kafein.

  • Sakit Kepala

Jika anda merasa sakit kepala setelah minum kopi bisa jadi anda mengalami overdosis kafein. Apalagi jika dalam sehari anda sudah minum kopi lebih dari 3 cangkir. Asupan kafein diatas batas normal yang dianjurkan akan meningkatkan tekanan dan mengakibatkan sakit kepala. Sering sakit kepala ini juga bisa terjadi, kalau tiba-tiba saja anda berhenti mengkonsumsi kafein padahal sebelumnya anda terbiasa dengan kafein.

  • Denyut Jantung Tidak Teratur

Kafein merupakan zat yang menstimulasi sistem saraf pusat yang dapat memperngaruhi tekanan darah. Jika kafein masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan maka tekanan darah akan meningkat dan ini juga mempenagruhi jantung. Denyut jantung menjadi tidak teratur karena jantung bekerja lebih keras oleh asupan kafein yang berlebih. Bahkan untuk beberapa kasus, sistem kardiovaskular yang tidak berjalan normal karena kelebihan kafein dapat menyebabkan kematian.

  • Sering Merasa Haus

Kafein masuk ke dalam tubuh dalam bentuk minuman, tetapi dampak yang ditimbulkannya justru sangat berbeda dengan maksud orang untuk minum. Konsumsi kafein secara berlebihan akan menimbulkan rasa haus. The Food and Drug Administration menyatakan bahwa kebutuhan tubuh akan cairan tidak akan terpenuhi dengan mengkonsumsi minuman berkafein. Saat Anda berlebihan dalam minum minuman berkafein, kecenderungan buang air kecil akan meningkat dan Anda akan mengalami dehidrasi yang tentu berbahaya bagi kesehatan.

  • Gelisah

Sensasi awal yang ditimbulkan saat minum minuman berkafein adalah meningkatkan rasa kewaspadaan. Pada level yang normal ini adalah hal yang Anda butuhkan. Namun hati–hati jika Anda berlebihan mengkonsumsi kafein, kewaspadaan yang berlebihan justru berbalik menjadi kegelisahan. Ini tentu bukanlah dampak yang diharapkan karena hidup Anda tidak akan tenang jika disertai dengan perasaan gelisah.

  • Mual dan Muntah

Kafein yang masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan kadar asam lambung. Peningkatan asam lambung inilah yang menimbulkan rasa mual, mulas dan ingin muntah. Bahkan untuk beberapa kasus yang parah konsumsi kafein berlebihan akan menimbulkan diare yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga : Keuntungan Dari Mempunyai Berat Badan Yang Ideal

Itulah Gejala Yang Muncul Saat Tubuh Overdosis Kafein. Jika anda termasuk orang yang gemar minum kopi batasi jumlah kafein yang masuk dalam tubuh, agar akibat buruk karena overdosis kafein tidak anda alami. Dekian dan semoga bermanfaat.

— Gejala Yang Muncul Saat Tubuh Overdosis Kafein —

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s